Mengenal Penyakit Autoimun

Mengenal Penyakit Autoimun

Mengenal Penyakit Autoimun

Sistem kekebalan Anda terdiri dari organ dan sel yang dimaksudkan untuk melindungi tubuh Anda dari bakteri, parasit, virus, dan sel kanker. Penyakit autoimun adalah hasil dari sistem kekebalan yang secara tidak sengaja menyerang tubuh Anda alih-alih melindunginya. Tidak jelas mengapa sistem kekebalan Anda melakukan ini. Ada lebih dari 100 mengenal penyakit autoimun yang diketahui.

Mengenal Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun dapat mempengaruhi banyak jenis jaringan dan hampir semua organ dalam tubuh Anda. Mereka dapat menyebabkan https://www.fsnoi.org/ berbagai gejala termasuk nyeri, kelelahan, ruam, mual, sakit kepala, pusing dan banyak lagi. Gejala spesifik tergantung pada penyakit yang tepat.

Penyakit Autoimun Paling Umum

  • Rheumatoid Arthritis adalah peradangan kronis pada lapisan sendi, menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan biasanya di tangan dan kaki. Ini dapat menyerang siapa saja, tetapi paling sering terjadi pada wanita di atas 40 tahun. Artritis reumatoid terkadang dapat mempengaruhi organ lain juga, seperti kulit, mata, paru-paru dan pembuluh darah. Seperti semua gangguan autoimun, pengobatan berfokus pada pengelolaan rasa sakit dan meminimalkan erosi tulang dan kerusakan sendi.
  • Juvenile Rheumatoid Arthritis adalah bentuk paling umum dari arthritis pada anak-anak di bawah 16 tahun. Gejala biasanya termasuk nyeri dan pembengkakan pada persendian, dan dapat bervariasi dari sedang hingga parah. Dalam beberapa kasus, gejala akan mereda seiring waktu sementara yang lain dapat bertahan hingga dewasa.
  • Systemic Lupus Erythematosus (Lupus) bisa sulit didiagnosis karena gejalanya sama dengan banyak gangguan lainnya. Peradangan akibat lupus dapat mempengaruhi berbagai area tubuh, mulai dari paru-paru, jantung, persendian, kulit, ginjal, dan otak. Seperti rheumatoid arthritis, lupus lebih umum pada wanita dan kadang-kadang dapat diidentifikasi dengan ruam berbentuk kupu-kupu di wajah, bersama dengan fotosensitifitas, kelelahan dan demam, nyeri sendi, dan lesi kulit lainnya yang memburuk di bawah paparan sinar matahari.
  • Orang dengan Psoriatic Arthritis kondisi kulit kadang-kadang mengembangkan arthritis juga, tetapi dalam kasus-kasus tertentu peradangan sendi dapat terjadi sebelum ruam kulit. Gejala utama psoriasis adalah nyeri sendi, pembengkakan, dan kekakuan. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun, seperti ujung jari dan tulang belakang, dan berkisar dari ringan hingga parah.
  • Radang Sendi Usus (Penyakit Crohn dan Kolitis Ulseratif), peradangan mempengaruhi usus. Dengan kolitis ulserativa, usus besar atau usus besar terpengaruh. Penyakit Crohn dapat mempengaruhi setiap bagian dari saluran pencernaan, tetapi biasanya terjadi baik di usus kecil atau usus besar atau keduanya.

Para ahli tidak tahu mengapa sistem kekebalan Anda menyerang Anda. Sepertinya tidak bisa lagi membedakan antara apa yang sehat dan apa yang tidak antara apa yang Anda dan apa yang penyerbu. Ada beberapa teori tentang mengapa ini terjadi, tetapi para ahli https://www.nodeclipse.org/ tidak sepenuhnya yakin. Banyak mengenal penyakit autoimun lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Penyakit ini umum terjadi 1 dari 15 orang di AS memiliki penyakit autoimun.

Satu juta orang di AS menderita lupus dan 1,4 juta menderita penyakit Crohn atau kolitis ulserativa. Dokter sering mengalami kesulitan mendiagnosis penyakit autoimun. Biasanya tidak ada tes khusus untuk menunjukkan apakah Anda memiliki penyakit autoimun tertentu. Dan gejalanya bisa membingungkan. Itu karena banyak penyakit autoimun memiliki gejala yang serupa. Jadi bisa memakan waktu lama dan beberapa kunjungan ke berbagai jenis dokter untuk mendapatkan diagnosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.